Tertinggi dalam 4 Bulan, Filipina Catat 287 Kematian Corona Sehari

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 09:39 WIB
Ribuan polisi beserta tentara dikerahkan untuk amankan kawasan Manila yang mulai dikunci hari ini, Minggu (15/3). Lockdown dilakukan guna mencegah virus corona.
Ilustrasi -- Rekor tertinggi tambahan kematian Corona di Filipina tercatat saat ibu kota Manila kembali di-lockdown (dok. AP Photo/Aaron Favila)

Diketahui bahwa mulai Jumat (6/8) pekan lalu, wilayah ibu kota Manila dan sekitarnya kembali di-lockdown selama dua pekan. Penerapan kembali lockdown ini bertujuan memperlambat penyebaran Corona varian Delta yang sangat mudah menular.

Di bawah lockdown baru di Manila, hanya bisnis dan pekerja penting yang dapat beroperasi selama dua minggu ke depan. Olahraga di luar ruangan diperbolehkan, tetapi jam malam delapan jam diberlakukan.

Perintah tinggal di rumah yang diumumkan pekan lalu, diperluas pada Kamis (5/8) untuk mencakup provinsi Laguna yang bertetangga dengan Manila. Pembatasan juga diperketat di wilayah lain di mana infeksi virus Corona telah melonjak.

Filipina yang berpenduduk sekitar 110 juta jiwa dilaporkan telah melakukan tes Corona terhadap lebih dari 16 juta orang sejak pandemi pertama muncul pada awal tahun lalu.


(nvc/ita)