Israel Balas Gempur Hizbullah Usai Serangan Roket

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 11:51 WIB
Smoke billows from the northern town of Kiryat Shmona following rocket fire from Lebanon, on August 4, 2021. - Rocket fire from Lebanon hit northern Israel prompting retaliatory shelling, the army said, as tensions rise between Israel and arch foe Iran. (Photo by Jalaa MAREY / AFP)
kepulan asap tampak usai serangan roket Hizbullah ke Israel (Foto: AFP/JALAA MAREY)
Jakarta -

Kelompok gerilyawan Hizbullah di Lebanon telah menembakkan puluhan roket ke posisi Israel pada hari Jumat (6/8) waktu setempat. Serangan itu memicu gempuran balasan dari Israel, dalam eskalasi antara gerakan Syiah yang didukung Iran dan negara Yahudi tersebut.

Gejolak di sepanjang perbatasan minggu ini telah membuat Israel melakukan serangan udara pertamanya di wilayah Lebanon dalam tujuh tahun. Pada Jumat (6/8), Hizbullah untuk pertama kalinya sejak 2019, mengklaim serangan roket langsung ke wilayah Israel.

Saling serang itu bertepatan dengan meningkatnya ketegangan antara Iran dan Israel sejak serangan mematikan terhadap sebuah kapal tanker yang dikelola Israel, di Teluk Oman pekan lalu.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (7/8/2021), Hizbullah mengatakan pihaknya menembakkan puluhan roket ke tanah terbuka di dekat posisi Israel di distrik perbatasan Shebaa Farms yang disengketakan.

Hizbullah menyebut serangan itu sebagai tanggapan atas serangan udara Israel di Lebanon selatan pada hari Kamis (5/8), yang merupakan serangan pertama Israel sejak 2014.

Wakil kepala Hizbullah, Naeem Qassem, mengatakan kelompok itu berkomitmen untuk menanggapi setiap serangan di Lebanon dan akan "bersiap" jika diperlukan.

Seorang koresponden AFP di Lebanon selatan mengatakan dia mendengar beberapa ledakan dan melihat asap mengepul dari sekitar Shebaa Farms.

Simak juga 'Komandan Hizbullah Tewas Ditembak di Pesta Pernikahan':

[Gambas:Video 20detik]