Israel Ancam Lakukan Serangan Militer, Iran: Jangan Uji Kami!

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 10:01 WIB
FILE PHOTO: An Iranian flag flutters in front of the International Atomic Energy Agency (IAEA) headquarters in Vienna, Austria, January 15, 2016.   REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo
Ilustrasi (dok. REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo)
Teheran -

Reaksi keras diberikan pemerintah Iran setelah Israel melontarkan ancaman untuk menyerang negaranya terkait serangan terhadap sebuah kapal tanker yang dikelola Israel di dekat perairan Oman, pekan lalu. Iran balik memperingatkan Israel bahwa respons tegas akan diberikan jika terjadi serangan pada wilayahnya.

Seperti dilansir Arab News dan AFP, Jumat (6/8/2021), juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh, menyatakan bahwa tindakan militer terhadap negaranya akan mendapat respons tegas. Dia menyebut ancaman Israel sebagai 'perilaku jahat' yang merupakan pelanggaran hukum internasional.

"Dalam pelanggaran yang tak tahu malu terhadap hukum internasional, rezim Israel sekarang secara terang-terangan mengancam Iran dengan tindakan militer," sebut Khatibzadeh dalam pernyataan via Twitter.

"Kami menyatakan ini dengan jelas: SETIAP tindakan bodoh terhadap Iran akan berhadapan dengan respons TEGAS," cetusnya.

"Jangan uji kami," ucap Khatibzadeh memperingatkan.

Ancaman serangan untuk Iran itu dilontarkan oleh Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz. Saat berbicara dengan situs berita lokal Israel, Ynet, Gantz menjawab 'Iya' secara terang-terangan ketika ditanya apakah Israel bersiap untuk menyerang Iran.

"Kita berada pada titik di mana kita perlu melakukan tindakan militer terhadap Iran," cetus Gantz dalam pernyataannya. "Dunia perlu mengambil tindakan terhadap Iran sekarang," tegasnya.

Simak juga 'Israel Menuduh Iran di Balik Serangan Kapal Tangker Minyak':

[Gambas:Video 20detik]