30 Orang Tewas Dalam Serangan Teroris di Burkina Faso

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 03:29 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
Foto: AFP
Jakarta -

Tiga puluh orang tewas dalam serangan di salah satu negara di Afrika Barat, Burkina Faso. Disebut, serangan itu dilakukan oleh kelompok teroris bersenjata.

Dilansir dari AFP, Jumat (6/8/2021), 30 orang yang tewas tersebut termasuk 15 tentara. Mereka disebut diserang oleh kelompok teroris di desa-desa di Burkina Faso bagian utara.

Kementerian Pertahanan menyampaikan, peristiwa terjadi di desa-desa dekat perbatasan dengan Nigeria. "(Lokasi itu) menjadi sasaran serangan oleh kelompok teroris bersenjata," katanya dalam sebuah pernyataan.

Selain menewaskan puluhan orang, ternak milik warga pun dicuri. Tak sampai situ, beberapa properti pun dibakar oleh teroris.

Satu unit tentara dan pembantu sipil dikerahkan untuk mengatasi serangan. Namun, 15 tentara dan empat pembantu dari warga sipil tewas. Sementara sepuluh penyerang, disebut oleh Kementerian Pertahanan, telah dinetralkan.

Kementerian pertahanan yakin bahwa daerah-daerah yang diserang telah dikuasai oleh militer. "Sekarang berada dalam kendali unit militer dan serangan balasan untuk menemukan penyerang sedang berlansung di darat dan udara," katanya.

Diketahui, Burkina Faso, telah memerangi seranagan teroris sejak 2015. Mereka adalah pasukan Pendukung Islam dan Muslim, yang berafiliasi dengan Al-Qaeda, dan Negara Islam di Sahara Besar (ISGS).

Simak juga 'Petembak Iran Dituding Teroris, Netizen Sebut Korea Selatan Rasis':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)