Bos Mafia Paling Dicari di Italia Berhasil Ditangkap di Spanyol

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 19:02 WIB
Ilustrasi penjara
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/Fahroni)
Madrid -

Kepolisian Spanyol mengumumkan pihaknya berhasil menangkap salah satu pemimpin sindikat kriminal atau kelompok mafia paling kuat di Italia, 'Ndrangheta. Sindikat kriminal ini dilaporkan mengendalikan sebagian besar perdagangan kokain di kawasan Eropa.

Seperti dilansir AFP, Kamis (5/8/2021), Kepolisian Nasional Spanyol dalam pernyataannya mengumumkan bahwa Domenico Paviglianiti, bos 'Ndrangheta, ditangkap di jalanan area Cuatro Caminos, Madrid, pada Senin (2/8) waktu setempat.

Penangkapan Paviglianiti yang dijuluki sebagai 'salah satu buronan paling dicari di Italia' dilakukan dalam operasi gabungan antara Kepolisian Spanyol dengan Kepolisian Italia.

Saat ditangkap, Paviglianiti kedapatan membawa dokumen identitas palsu Portugal dan uang tunai sebesar 6.000 Euro serta enam telepon genggam.

Paviglianiti disebut membantu mengendalikan operasional mafia di wilayah utara Italia dan Amerika Selatan. Media Italia menjulukinya sebagai 'bosnya para bos' atas perannya dalam serangkaian tindak kriminal antara tahun 1980-an hingga 1990-an, termasuk pembunuhan dan perdagangan narkoba.

Tahun 1996 silam, dia pernah ditangkap di Spanyol. Tiga tahun kemudian dia diekstradisi ke Italia dan mulai menjalani masa hukuman penjara seumur hidup -- yang biasa dijatuhkan kepada mafia top.

Namun pengacaranya berargumen bahwa situasi ekstradisi Spanyol tidak mengakui hukuman penjara seumur hidup, yang secara teknis memungkinkan pembebasan awal untuk Paviglianiti setelah menjalani masa hukuman selama 20 tahun penjara.