Obama Akan Gelar Pesta Ultah, Politikus Republik Ramai-ramai Mengkritik

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 15:24 WIB
Mantan Presiden AS Barack Obama (AP Photo)
Mantan Presiden AS, Barack Obama (dok. AP Photo)

Dia menyatakan 'jika ini ulang tahun Presiden Trump' maka Demokrat akan mengatakan 'Bagaimana bisa seseorang begitu sembrono?' atau 'Mereka membunuh orang-orang'.

"Apakah ada pengecualian untuk pesta-pesta yang dihadiri kalangan selebriti liberal yang kaya?" tanya Ketua Komisi Nasional Partai Republik, Ronna McDaniel.

"Barack Obama akan menggelar pesta ulang tahun dengan 700 tamu pada Sabtu (7/8) waktu setempat. Akankah Demokrat menuntut dia mewajibkan semua tamunya memakai masker?" ucap anggota Kongres AS dari Partai Republik lainnya, Lance Gooden.

Pemerintahan Trump sebelumnya menjadi pemberitaan utama beberapa kali karena menggelar acara tanpa mewajibkan pemakaian masker di Gedung Putih maupun departemen pemerintahan, atau saat kampanye. Situasi AS saat itu masih digempur Corona dan vaksin belum tersedia secara luas.

Menanggapi polemik soal pesta ulang tahun Obama, Gedung Putih turut memberikan komentar dengan menekankan bahwa acara itu digelar di luar ruangan dengan sejumlah langkah pencegahan diberlakukan.

"Mantan presiden -- yang merupakan pendukung besar vaksinasi, mematuhi panduan pakar kesehatan masyarakat -- tentunya akan mengadvokasi dirinya sendiri juga," tegas juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki.

Presiden Joe Biden, yang pernah menjadi Wakil Presiden pada era Obama, dilaporkan tidak akan menghadiri acara itu.


(nvc/ita)