Terungkap, Pegawai Kepolisian Filipina Jadi Anggota Abu Sayyaf

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 11:31 WIB
Abu Sayyaf
Ilustrasi -- Kelompok Abu Sayyaf di Filipina (dok. Reuters)

Lebih lanjut, Eleazar menyatakan pihak kepolisian tidak mengabaikan kemungkinan bahwa Patarasa mungkin telah membocorkan informasi kepada kelompok Abu Sayyaf, yang mengakibatkan kegagalan dalam sejumlah operasi Kepolisian Filipina di Sulu.

"Saya senang personel kita mampu menangkap orang yang menjadi target, ini masih merupakan bagian dari kebijakan kebersihan intensif yang kami terapkan. Kebersihan jajaran harus dijaga untuk mendapatkan kembali kepercayaan dan keyakinan rakyat pada organisasi kita," ucap Eleazar.

Dia juga memerintahkan Departemen Urusan Internal Kepolisian Filipina untuk mempercepat proses pemecatan Patarasa.

Penyelidikan lebih lanjut juga tengah dilakukan untuk mencari tahu apakah ada personel kepolisian lainnya yang memiliki keterkaitan dengan Abu Sayyaf atau terlibat tindak kriminal atau aktivitas teroris.

"Kami juga ingin mengetahui bagaimana Patarasa berhasil masuk ke PNP meskipun memiliki serangkaian kasus dan surat perintah penangkapan atas namanya sehubungan dengan dia menjadi anggota kelompok Abu Sayyaf," ujarny Eleazar.

Informasi intelijen menyebut Patarasa terus menjalankan perannya sebagai anggota kelompok Abu Sayyaf selama bekerja untuk Kepolisian Filipina sebagai pegawai sipil.


(nvc/ita)