Jerman Berikan Suntikan Booster Vaksin Corona Mulai September

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 10:38 WIB
AS mulai melakukan uji coba vaksin virus Corona pada manusia. Dibutuhkan waktu hingga beberapa bulan ke depan hingga vaksin itu dapat tersedia untuk umum.
Ilustrasi (dok. AP Photo/Ted S. Warren)
Berlin -

Pemerintah Jerman akan mulai menawarkan suntikan booster vaksin virus Corona (COVID-18) pada September mendatang. Jerman juga akan mempermudah vaksinasi Corona bagi anak-anak dan remaja berusia 12-17 tahun di tengah kekhawatiran penyebaran cepat Corona varian Delta.

Seperti dilansir AFP, Selasa (3/8/2021), Menteri Kesehatan Jerman, Jens Spahn, dan jajaran pejabat kesehatan di 16 wilayah Jerman sepakat setelah menggelar pembicaraan bahwa warga lanjut usia (lansia) dan kelompok berisiko harus menerima suntikan booster.

Dalam keputusannya, mereka mengutip kekhawatiran soal 'berkurangnya atau penurunan cepat respons imunitas' di kalangan sejumlah kelompok.

Disebutkan dalam dokumen yang dirilis Kementerian Kesehatan Jerman bahwa tim vaksinasi mobile harus dikirimkan ke panti perawatan untuk menawarkan suntikan booster vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna kepada para penghuninya, terlepas apapun merek vaksin yang diterima mereka sebelumnya.

Dokumen kementerian itu juga menyatakan bahwa para dokter juga akan diperbolehkan memberikan suntikan booster kepada orang-orang yang memenuhi syarat, termasuk mereka dengan sistem imunitas lemah.

Suntikan booster juga akan ditawarkan kepada siapa saja yang sebelumnya menerima dua dosis vaksin AstraZeneca atau satu dosis vaksin Johnson & Johnson.

"Untuk kepentingan layanan kesehatan preventif," sebut dokumen tersebut.