Baku Tembak Warnai Pemakaman Anggota Hizbullah, 5 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 13:44 WIB
Military checkpoints backed by armoured vehicles were erected at various road crossings leading to Khalde (ANWAR AMRO/AFP)
Tentara Lebanon dikerahkan ke lokasi baku tembak (ANWAR AMRO/AFP)
Beirut -

Sedikitnya lima orang tewas dalam baku tembak yang pecah saat prosesi pemakaman seorang anggota Hizbullah digelar di Beirut, Lebanon. Tiga korban tewas di antaranya merupakan anggota Hizbullah.

Seperti dilansir AFP, Senin (2/8/2021), seorang sumber keamanan Lebanon menyebut proses pemakaman anggota Hizbullah yang digelar di area Khalde pada Minggu (1/8) waktu setempat itu diwarnai penyergapan oleh sekelompok pria bersenjata.

Menurut sumber itu, baku tembak terjadi antara anggota Hizbullah yang beraliran Syiah dengan warga setempat yang beraliran Sunni. Sejumlah orang mengalami luka-luka akibat baku tembak itu.

Prosesi pemakaman itu digelar untuk seorang anggota Hizbullah bernama Ali Shebli yang tewas usai ditembak dari jarak dekat dalam sebuah pernikahan di Khalde pada Sabtu (31/7) malam waktu setempat. Laporan media National News Agency menyebut pembunuhan Shebli merupakan balasan atas kematian dua orang di area yang sama setahun lalu.

Dalam pernyataannya, Hizbullah menyerukan kepada militer dan pasukan keamanan Lebanon untuk menangkap orang-orang yang mendalami penyergapan saat pemakaman itu.

Sumber militer setempat menuturkan kepada AFP bahwa pihak militer Lebanon telah mengerahkan personelnya ke area tersebut dan mengirimkan pasukan tambahan.

Ditegaskan militer Lebanon dalam pernyataannya bahwa tentara akan 'melepas tembakan ke semua pria bersenjata di jalanan Khalde' dan untuk merespons setiap aksi penembakan lainnya.