Ismail Haniyeh Terpilih Kembali Jadi Pemimpin Hamas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 10:35 WIB
Senior Hamas leader Ismail Haniyeh, flashes the sign for victory after giving a speech during Friday prayers in the southern Gaza Strip town of Rafah on May 1, 2015. AFP PHOTO / SAID KHATIB / AFP PHOTO / SAID KHATIB
Foto: Ismail Haniyeh, pemimpin Hamas (AFP PHOTO / SAID KHATIB)
Jakarta -

Ismail Haniyeh terpilih kembali menjadi pemimpin kelompok Hamas yang menguasai wilayah Jalur Gaza.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (2/8/2021), dalam sebuah pernyataan, Hamas mengatakan bahwa proses pemilihan telah berakhir dengan pengangkatan kembali Haniyeh sebagai kepala politik setelah "puluhan ribu" anggota mengambil bagian dalam proses pemilihan internal.

Dengan demikian, Haniyeh akan kembali memimpin Hamas untuk empat tahun ke depan.

Dianggap pragmatis, Haniyeh telah menjadi kepala biro politik Hamas sejak 2017, meskipun ia tinggal di pengasingan, membagi waktunya antara Turki dan Qatar.

Dia baru-baru ini terlibat dalam pembicaraan yang bertujuan untuk memperkuat gencatan senjata yang ditengahi Mesir, yang mengakhiri kekerasan mematikan terbaru antara Israel dan Hamas. Konflik 11 hari pada bulan Mei tersebut menewaskan 13 warga Israel dan 260 warga Palestina, termasuk beberapa milisi Hamas.

Hamas memenangkan pemilihan legislatif terakhir di Gaza, daerah kantong Palestina yang miskin dengan hampir dua juta jiwa penduduk, pada tahun 2006, memberikan kekalahan mengejutkan kepada saingannya, Fatah, yang kemudian mendominasi Otoritas Palestina di Tepi Barat.

Israel telah memblokade Gaza sejak itu, dengan alasan serangan berulang dari Gaza. Sementara Hamas telah dijauhi secara internasional dan dinyatakan sebagai kelompok teroris oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Kemenangan Haniyeh mengakhiri proses pemungutan suara yang dimulai Maret lalu dengan terpilihnya kembali kepala lokal Hamas di Gaza, Yahya Shinwar.

Lihat juga video 'Israel Serang Rumah Pemimpin Hamas di Gaza, 3 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)