Corona Varian Delta Meluas, China Batasi Perjalanan dan Perbanyak Testing

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 15:34 WIB
The photo taken on July 30, 2021 shows a man receiving nucleic acid testing for the Covid-19 coronavirus in Huaian, in eastern Chinas Jiangsu province, as China raced to contain its worst coronavirus outbreak in months. (Photo by STR / AFP) / China OUT
Corona Varian Delta Meluas, China Batasi Perjalanan dan Perbanyak Testing (Foto: AFP/STR)
Beijing -

Kota-kota di China melaksanakan testing corona massal dan memberlakukan pembatasan perjalanan baru. Hal ini dilakukan imbas kembali merebaknya wabah baru corona, yang disebut dipicu oleh varian Delta yang sangat menular.

Seperti dilansir AFP, Minggu (1/8/2021) China hari ini melaporkan 75 kasus baru corona, di mana 53 diantaranya berasal dari transmisi lokal, yang terhubung dengan klaster bandara yang dilaporkan kini menyebar ke lebih dari 20 kota dan lebih dari belasan provinsi.

Kasus varian Delta menyebar cepat menjadi klaster di Provinsi Jiangsu, yang berawal dari sembilan pekerja bandara internasional di kota Nanjing yang dinyatakan positif Corona pada 20 Juli lalu.

Saat ini, pihak berwenang telah melakukan tiga putaran testing pada 9,2 juta penduduk Nanjing dan menempatkan ratusan ribu orang di bawah aturan lockdown. Hal ini dilakukan guna menekan penyebaran virus yang disebut imbas varian Delta dan puncak musim turis.

Lebih lanjut, pelacakan juga dilakukan terhadap seluruh warga di China, yang baru-baru ini melakukan perjalanan dari Nanjing atau Zhangjiajie, sebuah kota wisata di provinsi Hunan yang telah menerapkan lockdown terhadap seluruh 1,5 juta warganya dan menutup semua tempat wisata sejak Jumat (30/7) waktu setempat.

Pada Minggu (1/8) muncul juga laporan kasus baru di pulau Hainan - tujuan wisata populer lainnya - serta provinsi Ningxia dan Shandong.

Secara terpisah, juga terjadi peningkatan kasus corona di kota yang dilanda banjir, Zhengzhou. Hal ini terjadi usai dua petugas kebersihan di rumah sakit COVID yang datang dari luar negeri dinyatakan positif.

Sebanyak 27 kasus yang ditransmisikan secara lokal telah terdeteksi hingga pihak berwenang memerintahkan pengujian massal kepada seluruh 10 juta penduduk Zhengzhou. Kepala Komisi Kesehatan kota tersebut juga telah dipecat.

Simak video 'Kasus Corona Dunia Naik 9% Dalam Seminggu Akibat Varian Delta':

[Gambas:Video 20detik]