Ancaman Duterte ke Warga Filipina Bila Enggan Divaksinasi Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 23:11 WIB

Duterte menyatakan siap bertanggung jawab jika ada yang mengajukan gugatan terkait ancamannya itu. Dia menegaskan bahwa bertanggung jawab penuh.

"Jika Anda akan mengajukan gugatan, saya akan menghadapinya," tegasnya. "Jika Anda mengajukan gugatan di masa mendatang, ajukan gugatan terhadap saya. Saya akan menghadapinya. Saya mengambil tanggung jawab penuh untuk itu," imbuh Duterte.

Duterte mengatakan agar vaksin Corona diberikan kepada orang-orang yang bersedia divaksinasi, daripada menunggu mereka yang menolak. "Mereka yang tidak mau (divaksin Corona-red), Anda bisa meninggal kapan saja saya tidak tidak peduli," ucapnya.

Bagi mereka yang mau divaksinasi, Duterte menegaskan mereka bebas pergi keluar. Dia menyebut vaksin akan diprioritaskan kepada pihak yang bersedia menerima.

"Mereka yang telah divaksinasi, Anda bisa pergi keluar dan melakukan perjalanan. Mereka yang belum divaksinasi, menyingkirlah sementara saya memikirkan apa yang harus saya lakukan terhadap kalian," ujarnya.

"Jadi jika Anda ingin pergi keluar, divaksin-lah. Jika Anda tidak mau, saya memberitahu otoritas terkait untuk memberikan vaksin kepada yang lain. Kenapa kita harus menunggu Anda?" jelasnya.

Hingga saat ini nyaris 7 juta warga Filipina yang telah divaksinasi sepenuhnya dan lebih dari 11 juta orang lainnya telah menerima dosis pertama. Otoritas menargetkan untuk memvaksinasi 60-70 juta warga Filipina.


(lir/lir)