Hilang Sejak Februari, Jasad 3 Pendaki Gunung di Pakistan Ditemukan

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 01:39 WIB
Andrzej Bargiel dan Gunung K2
Gunung K2 (Foto: CNN Sport)
Islamabad -

3 jasad pendaki Gunung K2 di Pakistan ditemukan. Diketahui, ketiga pendaki itu hilang kontak sejak Februari 2021.

Dilansir AFP, identitas 3 jasad itu diketahui seorang pendaki dari Pakistan bernama Muhammad Ali Sadpara, John Snorri dari Islandia, dan Juan Pablo Mohr dari Chilli. Ketiga jasad ini ditemukan di sebuah selokan sempit yang jaraknya hanya beberapa ratusan meter dari puncak pada Senin (26/7) waktu setempat.

"Kami sekarang fokus pada strategi untuk membawa jasad-jasad itu ke titik di mana mereka bisa diterbangkan," kata seorang pejabat di Klub Alpine Pakistan, Ayaz Shagri, kepada AFP, Rabu (28/7/2021).

"Jenazah pendaki gunung masih utuh dan beku," tambah Shagri.

Shagiri menambahkan jasad para pendaki berada di ketinggian 7.800 meter (25.600 kaki). Pasukan militer direncanakan akan membantu evakuasi jenazah.

"Sangat sulit untuk menurunkan mayat dari ketinggian ini," kata pejabat Klub Alpine Pakistan lainnya, Karrar Haidri.

Hilang Kontak Sejak Februari

Diketahui, ketiganya hilang kontak dengan base camp K2 pada awal Februari lalu. Operasi penyelamatan besar-besaran pun dilakukan dengan pengerahan helikopter dan pesawat militer. Putra dari salah satu korban, Sajid, ada dalam tim pencarian.

Pakistan membuka pembatasan yang beberapa waktu lalu dilakukan karena pandemi Corona. Akibatnya, sejumlah tempat wisata, termasuk salah satunya Gunung k2, 'diserbu' oleh para pendaki.

Gunung K2 dikenal sebagai 'gunung liar' karena memiliki kondisi yang cukup ekstrem. Angin di gunung K2 dapat bertiup dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam (124 mil per jam) dan suhu dapat turun hingga minus 60 derajat Celcius (minus 76 Fahrenheit).

Tidak seperti puncak tertinggi di dunia di Gunung Everest, yang telah didaki oleh ribuan pendaki tua dan muda, puncak K2 jauh lebih jarang dilalui pendaki.

(isa/isa)