Corona Terkendali, Negara Bagian Australia Ini Cabut Lockdown

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 15:29 WIB
Sejumlah negara bagian di Australia mengumumkan penutupan kota (lockdown), Senin (28/6). Hal itu untuk mengantisipasi virus Corona Delta yang lebih cepat menular dari varian biasanya. Berikut pemandangan sunyi di kota benua kanguru itu.
Ilustrasi (dok. Getty Images/Lisa Maree Williams)
Melbourne -

Negara bagian Victoria di Australia akan mencabut lockdown ketat setelah mampu mengendalikan penyebaran virus Corona (COVID-19). Situasi berbeda terjadi di negara bagian New South Wales yang memperpanjang pemberlakuan pembatasan Corona setelah terdeteksi lonjakan kasus.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (27/7/2021), lebih dari separuh total populasi Australia yang mencapai nyaris 26 juta jiwa berada di bawah lockdown dalam beberapa pekan terakhir setelah wabah Corona varian Delta yang mudah menular terdeteksi di Sydney dan menyebar ke tiga negara bagian lainnya.

New South Wales, yang menjadi lokasi kota Sydney, melaporkan 172 kasus Corona dalam 24 jam terakhir -- lebih tinggi dibanding sehari sebelumnya yang mencapai 145 hari dalam sehari. Dari jumlah itu, sedikitnya 60 kasus di antaranya menghabiskan waktu di tengah masyarakat saat positif Corona.

Premier New South Wales, Gladys Berejiklian, menyatakan bahwa keputusan apakah akan memperpanjang lockdown selama lima pekan ke depan akan diambil pekan ini. Namun dengan kurang dari 13 persen populasi negara bagian ini yang divaksinasi penuh, pembatasan Corona diperkirakan akan berlanjut.

"Kita tahu kita telah bekerja keras selama lima pekan dan kita tidak ingin menyia-nyiakan semua kinerja baik yang telah dilakukan dengan melakukan pembukaan kembali terlalu dini dan kemudian mendapati virusnya menyebar kembali," ucap Berejiklian dalam konferensi pers.

Sebaliknya, otoritas negara bagian Victoria menyatakan sebagian besar pembatasan yang diberlakukan mulai 15 Juli lalu akan dicabut mulai Rabu (28/7) besok. Pencabutan dilakukan setelah negara bagian ini mencatat hanya 10 kasus baru Corona dalam fasilitas karantina.

"Secara keseluruhan, ini hari yang baik," sebut Premier Victoria, Daniel Andrews, kepada wartawan di Melbourne -- ibu kota negara bagian ini.