Hadapi Gelombang Kelima Corona, Iran Terapkan Lockdown Sepekan

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 14:09 WIB
Teheran -

Otoritas Iran memberlakukan lockdown selama sepekan di ibu kota Teheran dan sekitarnya untuk menekan penyebaran virus Corona (COVID-19). Lockdown diterapkan saat jumlah kasus harian Corona di Iran mencetak rekor tertinggi di tengah terjangan gelombang kelima Corona.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (21/7/2021), lockdown berlaku di wilayah Teheran dan Provinsi Alborz mulai Selasa (20/7) waktu setempat, dengan hanya pusat-pusat bisnis esensial saja yang diperbolehkan tetap buka.

Sebagian besar perkantoran, bioskop dan fasilitas olahraga harus tutup selama lockdown, demi menegah penyebaran Corona terutama varian Delta yang sangat mudah menular.

Lockdown juga mencakup larangan perjalanan darat antara Teheran dan Provinsi Alborz. Kepolisian lalu lintas setempat memblokir ruas-ruas jalan menuju tujuan wisata populer pada Selasa (20/7) waktu setempat, namun arus lalu lintas terpantau padat pada Senin (19/7) malam saat warga berupaya meninggalkan Teheran.

Rekor baru tercatat di Iran pada Selasa (20/7) waktu setempat, saat negara ini melaporkan 27.444 kasus Corona dalam sehari. Angka itu menggeser rekor tertinggi sebelumnya yang tercatat pada 14 April lalu dengan 25.582 kasus Corona dalam sehari.

Dengan tambahan itu, total kasus Corona di Iran kini melebihi 3,5 juta kasus.

Otoritas Iran juga melaporkan 250 kematian dalam sehari, sehingga total kematian akibat Corona di negara ini mencapai 87.624 orang.