Pejabat Gedung Putih AS yang Sudah Divaksin Positif Corona

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 06:50 WIB
FILE - In this Saturday, Sept. 19, 2020, file photo, an American flag flies at half-staff over the White House in Washington. A woman suspected of sending an envelope containing the poison ricin, which was addressed to White House, has been arrested at the New York-Canada border. (AP Photo/Patrick Semansky, File)
Foto: AP Photo/Patrick Semansky, File
Washington -

Seorang pejabat Gedung Putih, Amerika Serikat (AS), yang sudah divaksin dinyatakan positif Corona. Pejabat tersebut dipastikan tidak kontak erat dengan Presiden AS Joe Biden dan staf tingkat atas lainnya.

"Saya ingin mengonfirmasi bahwa kemarin seorang pejabat Gedung Putih yang (telah) divaksinasi penuh dinyatakan positif Covid-19," kata sekretaris pers Joe Biden, Jen Psaki, dilansir dari AFP, Rabu (21/7/2021).

Pejabat tersebut diketahui memiliki gejala ringan. Pihak Gedung Putih tengah mengidentifikasi kontak erat pejabat yang identitasnya dirahasiakan.

Psaki mengkonfirmasi ada beberapa kasus Corona lain yang terlacak di Gedung Putih. Namun tidak dijelaskan detil berapa banyak kasus COVID-19 tersebut.

"Kami tahu bahwa akan ada kasus-kasus terobosan (Corona) lain," kata Psaki kepada wartawan di Gedung Putih.

"Tapi seperti yang ditunjukkan oleh insiden ini, kasus pada individu yang divaksinasi biasanya ringan. Gedung Putih bersiap untuk kasus terobosan dengan pengujian regular," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua DPR Nancy Pelosi mengkonfirmasi salah satu juru bicara seniornya positif Corona. Jubir tersebut dipastikan tidak memiliki kontak erat dengan Pelosi.

Lihat Video: Varian Delta Sumbang 83% dari 35 Juta Kasus Corona di AS

[Gambas:Video 20detik]



(isa/knv)