Tegang! Filipina Usir Kapal Perang China dari Laut China Selatan

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 17:50 WIB
Foto pulau buatan di Laut China Selatan
Ilustrasi (dok. Reuters/Ritchie B. Tongo)
Manila -

Kapal penjaga pantai Filipina memberikan peringatan dan mengusir sebuah kapal perang China yang kedapatan berlayar di perairan Laut China Selatan yang menjadi sengketa. Kapal perang China itu dilaporkan berlayar di dalam zona ekonomi eksklusif Filipina.

Seperti dilansir dpa dan The Star, Senin (19/7/2021), pernyataan Penjaga Pantai Filipina menyebut insiden ini terjadi pada 13 Juli lalu di perairan Marie Louise Bank, yang berjarak 147 mil laut dari pantai El Nido, Provinsi Palawan, Filipina bagian barat,

Kapal penjaga pantai Filipina dilaporkan memberikan peringatan verbal dan mengikuti pergerakan kapal perang China itu.

Laporan Bloomberg menyebut kapal perang China itu kemudian mengirimkan pesan radio yang mengidentifikasi diri sebagai 'kapal perang 189 Angkatan Laut China' dan meminta kapal Filipina untuk menjaga jarak.

Kapal perang China itu akhirnya berlayar menjauhi Marie Louise Bank setelah berkali-kali ditantang oleh kapal penjaga pantai Filipina bernama BRP Cabra.

Kedua negara diketahui terlibat ketegangan di Laut China Selatan dalam beberapa bulan terakhir. Pada 30 Juni lalu, kapal penjaga pantai Filipina mengusir lima kapal China dan dua kapal Vietnam menjauhi area yang sama.

Filipina meningkatkan patroli di perairan Laut China Selatan di tengah meningkatnya kehadiran kapal-kapal China di area sengketa.

Simak juga 'Filipina Larang Masuk Wisatawan Asal Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]