7 Wanita di Nigeria Tewas Terinjak-injak Saat Antre Pembagian Makanan

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 04:19 WIB
Wabah Corona yang terjadi di Afrika Selatan membuat perekonomian warga terdampak. Warga pun rela antre pembagian makanan hingga tiga lapis.
Ilustrasi, warga antre pembagian sembako (Foto: AP Photo/Themba Hadebe)
Abuja -

7 wanita di Nigeria terinjak-injak saat tengah antre pembagian bantuan makanan. Ketujuh wanita tersebut dipastikan tewas.

Dilansir AFP, pembagian sembako itu dilakukan oleh Komite Palang Merah Internasional (ICRC) di Kota Monguno. Namun, situasi menjadi kacau dan warga berebut menerima makanan.

"Kami telah membawa mayat tujuh wanita ke rumah sakit bersama dengan empat lainnya yang kritis," kata seorang saksi mata, Maikudi, Jumat (16/7/2021),

"Terjadi desak-desakan saat para perempuan berdesak-desakan mengambil voucher makanan yang dibawa ICRC," kata Maikudi yang terlibat dalam operasi penyelamatan itu.

Juru bicara ICRC di Nigeria, Fatima Sator, mengatakan kegiatan tersebut merupakan pembagian makanan bernutrisi bagi ibu hamil dan menyusui. Dia tidak memberikan rincian terkait jumlah korban atau penyebab insiden itu.

"Kami prihatin dan terkejut dengan hilangnya nyawa," kata Sator kepada AFP.

Sator memastikan ICRC akan memberikan bantuan kepada para korban yang terluka.

"Kami telah menerima tujuh mayat dan empat luka-luka dari tempat pembagian tiket (makanan). Semua korban adalah perempuan. Dua di antara yang terluka sedang hamil," kata sumber medis yang meminta tidak disebutkan namanya itu.

Lihat juga Video: 121 Siswa Diculik Kelompok Bersenjata di Nigeria

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)