Jarang-jarang Erdogan Telepon Presiden Israel, Bahas Apa?

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 13 Jul 2021 10:24 WIB
President of Turkey Recep Tayyip Erdogan welcomes Turkish-Cypriot leader during an official ceremony in Ankara, on October 26, 2020. - Newly elected Turkish Cypriot leader makes his first official visit in Ankara on October 26, 2020. (Photo by Adem ALTAN / AFP)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: AFP/ADEM ALTAN)
Jakarta -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara dengan Presiden baru Israel, Isaac Herzog dalam pembicaraan telepon yang jarang terjadi antara kedua negara yang kerap bersitegang itu.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (13/7/2021), kepresidenan Turki menyatakan percakapan via telepon itu dilakukan Erdogan pada hari Senin (12/7) waktu setempat.

Percakapan via telepon dilakukan setelah Erdogan, seorang pendukung vokal perjuangan Palestina selama 18 tahun pemerintahannya, mengadakan pembicaraan pada hari Sabtu (10/7) dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas.

Kepresidenan Turki menyatakan, dalam pertemuan itu, Erdogan mengatakan kepada Abbas bahwa Turki "tidak akan tinggal diam terhadap penindasan Israel di Palestina."

Ketika konflik berkecamuk di Gaza awal tahun ini, Erdogan menuduh Israel melancarkan "terorisme" dan berjanji untuk mengerahkan dunia untuk mempertahankan wilayah itu.

Kepresidenan Turki menyatakan, dalam percakapan teleponnya dengan Herzog, Erdogan menekankan "pentingnya" hubungan Turki-Israel untuk keamanan dan stabilitas di Timur Tengah.

Erdogan juga menggarisbawahi penekanan Turki untuk melanjutkan dialog meskipun ada perbedaan pendapat.

Lihat juga Video: Abbas dan Erdogan Bertemu Bahas Situasi Palestina-Israel

[Gambas:Video 20detik]