Kunjungan Kepala Penjaga Keamanan Presiden Haiti ke Kolombia Diselidiki

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 13 Jul 2021 03:11 WIB
Presiden Haiti, Jovenel Moise, tewas dibunuh dalam serangan di kediaman pribadinya pada Rabu (7/7) dini hari.
Presiden Haiti Jovenel Moise (Foto: AP Photo)
Bogota -

Kepolisian Bogota, Kolombia, menyelidiki sejumlah kunjungan Kepala Penjaga Keamanan Presiden Haiti Jovenel Moise, Dimitri Herard, ke Kolombia dalam beberapa bulan terakhir. Kolombia diketahui sebagai asal para tentara bayaran yang melakukan penyerangan terhadap Jovenel Moise hingga tewas.

Kepala Polisi Nasional Kolombia Jorge Luis Vargas mengatakan Dimitri Herard telah melakukan perjalanan beberapa kali ke Ekuador, Panama dan Republik Dominika melalui Kolombia antara Januari dan Mei tahun ini. Menurutnya, kunjungan tersebut yang sedang diselidiki kepolisian Bogota.

"Kami tahu bahwa dia tidak hanya transit, tetapi menghabiskan beberapa hari di Kolombia," kata Vargas seperti dilansir dari AFP, Selasa (13/7/2021).

Dia menyebut pihak berwenang Kolombia bekerjasama dengan Interpol untuk menyelidiki kegiatan Herard di berbagai negara itu.

Menurut pihak berwenang Haiti, kelompok pembunuh Presiden Jovenel Moise terdiri dari 28 pria -- 26 warga Kolombia dan dua warga negara AS -- membunuh Presiden Jovenel di rumahnya, yang juga melukai istrinya.

Motif dibalik penyerangan itu belum diketahui publik. Muncul pertanyaan tentang siapa yang mungkin mendalangi pembunuhan itu.

Vargas mengatakan bahwa 21 warga Kolombia yang terlibat dalam rencana pembunuhan adalah sebagian besar mantan tentara. Sebanyak 18 di antaranya ditangkap dan 3 dibunuh oleh pasukan keamanan Haiti.

Bogota bekerja sama dengan Port-au-Prince dalam penyelidikan, seperti halnya Amerika Serikat. Vargas menyebut badan-badan intelijen telah menentukan bahwa 19 dari 21 orang Kolombia telah bepergian dengan tiket pesawat yang dibeli menggunakan kartu kredit yang diterbitkan atas nama CTU Security, sebuah perusahaan yang terdaftar di Miami.

Tonton Video: Kelompok Geng Bersenjata Berkeliaran di Haiti Pasca Presiden Tewas

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)