Penerbangan di AS Tertunda Gegara Puluhan ABG Tolak Pakai Masker

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 15:26 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (dok. iStock)
North Carolina -

Sebuah penerbangan maskapai American Airlines dari Amerika Serikat (AS) tujuan Bahama tertunda selama satu hari setelah puluhan penumpang remaja menolak untuk memakai masker. Pemakaian masker diwajibkan untuk penumpang pesawat di berbagai wilayah AS selama pandemi virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir AFP, Rabu (7/7/2021), pesawat dengan nomor penerbangan 893 ini dijadwalkan lepas landas dari Bandara Charlotte Douglas, North Carolina pada Senin (5/7) malam, namun baru menuju landasan pada Selasa (6/7) pagi waktu setempat.

Penerbangan ini awalnya tertunda beberapa jam karena adanya masalah mesin. Namun ketika pesawat siap berangkat, terjadi adu argumen antara awak pesawat dengan sekelompok remaja yang menolak memakai masker.

Laporan televisi lokal, WSOC-TV, menyebut sekelompok remaja itu menolak mematuhi aturan federal di AS yang mewajibkan seluruh penumpang memakai masker di dalam pesawat untuk memerangi penyebaran Corona. Aksi remaja-remaja itu memicu keributan di dalam pesawat.

"Itu buruk. Pertama, mereka berteriak. Mereka memaki. Mereka sangat menjengkelkan," tutu salah satu saksi mata bernama Malik Banks.

Kelompok yang memicu penundaan penerbangan itu terdiri atas 30 remaja sekolah menengah dari Boston yang hendak merayakan kelulusan mereka di Bahama. Mereka berakhir setuju memakai masker keesokan harinya, setelah bermalam di bandara.

Laporan media lokal menyebut polisi setempat tidak melakukan penangkapan terkait insiden itu.