Bentrokan Kembali Pecah di Kashmir India, 17 Orang Tewas dalam 2 Pekan

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 15:17 WIB
India lakukan perbatasan dan jam malam di wilayah Kashmir
Ilustrasi -- Tentara militer India (dok. AP/Mukhtar Khan)
New Delhi -

Bentrokan kembali pecah di wilayah Kashmir, India, pada Jumat (2/7) waktu setempat. Enam orang tewas dalam bentrokan yang diwarnai baku tembak itu.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (3/7/2021), lima terduga militan dan seorang tentara India tewas dalam baku tembak di area Rajpora, lembah Kashmir, saat bentrokan pecah sejak Kamis (1/7) malam hingga Jumat (2/7) waktu setempat.

Kepolisian setempat menyebut lima militan yang tewas merupakan anggota kelompok Lashkar-e-Taiba yang berbasis di Pakistan.

Wilayah Kashmir yang dihuni mayoritas Muslim dan kerap dilanda konflik, diketahui juga diklaim oleh Pakistan. Beberapa pekan terakhir, bentrokan antara militer dan militan kembali meningkat di wilayah tersebut.

Pada Rabu (30/6) waktu setempat, tiga terduga pemberontak tewas di tangan tentara India di hutan Kulgam. Peristiwa itu terjadi setelah polisi mengumumkan kematian komandan pemberontak berpengaruh, Nadeem Abrar, usai ditahan.

Abrar yang ditangkap sejak Senin (28/6) waktu setempat, dibawa ke sebuah rumah yang menjadi lokasi dia menyembunyikan sebuah senapan. Dia tewas setelah seorang rekannya melepas tembakan ke arah pasukan keamanan yang menyergap mereka.

Dua pekan terakhir, sedikitnya 17 orang tewas dalam serentetan bentrokan di wilayah tersebut.