Mahkamah Agung Meksiko Hapus Penggunaan Ganja dari Tindakan Kriminal

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 07:49 WIB
Meksiko -

Mahkamah Agung Meksiko mendekriminalisasi penggunaan ganja untuk rekreasi bagi orang dewasa. Artinya, penggunaan ganja untuk rekreasi yang selama ini dianggap tindakan kriminal di Meksiko, kini tak berlaku lagi.

Dilansir dari AFP, Selasa (29/6/2021), keputusan itu diambil pada hari Senin waktu setempat. Mahkamah Agung Meksiko mendekriminalisasi penggunaan ganja rekreasi untuk orang dewasa, menyatakan larangannya di bawah undang-undang kesehatan tidak konstitusional.

Hal itu dilakukan setelah RUU legalisasi terhenti di Kongres. Keputusan Mahkamah Agung Meksiko itu dianggap sebagai sejarah bagi kebebasan.

"Hari ini adalah hari bersejarah bagi kebebasan," kata ketua pengadilan, Arturo Zaldivar, setelah keputusan itu disetujui oleh delapan dari 11 hakim.

Putusan itu muncul setelah Kongres gagal mengesahkan undang-undang yang melegalkan penggunaan ganja rekreasi dengan batas waktu 30 April yang ditetapkan oleh pengadilan tertinggi negara itu.

RUU yang dianggap penting itu awalnya telah disetujui oleh majelis rendah pada bulan Maret. Namun, RUU tersebut masih membutuhkan persetujuan akhir dari majelis tinggi atau Senat.

Pada bulan April, mayoritas yang berkuasa di Senat mengatakan sedang mempertimbangkan untuk menunda pembahasan akhir undang-undang tersebut hingga September.

Dorongan legalisasi di Meksiko sebagian ditujukan untuk mengekang kekerasan terkait narkoba. Kekerasan tersebut dianggap telah merenggut ribuan nyawa setiap tahun di negara Amerika Latin itu.

(haf/isa)