Kolombia Bikin Sayembara Hadiah Miliaran Demi Info Penembak Heli Presiden

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 27 Jun 2021 03:33 WIB
Helikopter kepresidenan Kolombia jadi sasaran tembakan. Heli yang mengangkut gubernur, menteri, hingga presiden itu pun bolong-bolong usai diberondong. Pelaku disebut-sebut organisasi kriminal.
Helikopter Presiden Kolombia yang ditembak (Foto: AP)
Bogotá -

Helikopter yang ditumpangi Presiden Kolombia Ivan Duque ditembak oleh orang tak dikenal. Pemerintah Kolombia membuat sayembara hadiah hampir USD 800.000 untuk informasi pelaku penembakan helikopter presiden.

"Hadiah hingga 3 miliar peso ditawarkan untuk informasi yang mengarah pada mereka yang bertanggung jawab atas serangan teroris ini," kata Menteri Pertahanan Kolombia, Diego Molano, dalam sebuah video yang dilansir AFP, Minggu (27/6/2021).

Diketahui, saat itu, Duque bersama Menteri Dalam Negeri Daniel Palacios Molano berada di helikopter tersebut. Keduanya baru kembali dari Sardinata.

Penembakan itu terjadi ketika helikopter presiden sedang mendekati bandara Cucuta. Kemudian, sejumlah tembakan senapan menghujani helikopter hingga berlubang.

Tidak ada yang terluka karena penembakan tersebut. Namun, dari foto-foto yang dirilis kantor kepresidenan menampilkan ekor dan badan helikopter terkena tembakan.

Kepala Kepolisian Kolombia, Jenderal Jorge Vargas, mengatakan sejumlah anak buahnya yang dikerahkan ke daerah Cucuta menemukan 2 senjata api, yakni AK-47 yang pemiliknya belum diketahui, dan senapan kaliber 7,62 yang bertuliskan 'senjata Venezuela, kekuatan'.

Diketahui, Duque telah berulang kali menuduh pemimpin sosialis Venezuela, Nicolas Maduro, yang memberikan perlindungan kepada para pembangkang Kolombia dan pejuang pemberontak bersenjata.

(isa/isa)