Baku Tembak Kartel Narkoba di Meksiko Tewaskan 18 Orang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 12:59 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Baku tembak di antara para tersangka anggota kartel-kartel narkoba yang saling bersaing, menewaskan 18 orang di Meksiko.

Baku tembak terjadi di daerah terpencil negara bagian Zacatecas di barat laut Meksiko. Demikian disampaikan Rocio Aguilar, juru bicara pemerintah negara bagian itu seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (26/6/2021).

Kepada Milenio TV, pejabat Zacatecas tersebut mengatakan bahwa baku tembak di kota Valparaiso pada hari Jumat (25/6) waktu setempat itu, melibatkan geng-geng rival yang memperebutkan wilayah tersebut.

Sebelumnya, pada hari Rabu (23/6) waktu setempat, mayat dua petugas polisi ditemukan tergantung di sebuah jembatan di Zacatecas, dan sejak itu media lokal telah melaporkan serangkaian baku tembak.

Namun, Aguilera mengatakan bahwa sejauh ini pihak berwenang belum menemukan hubungan antara temuan mengerikan itu dan baku tembak besar di kota Valparaiso pada hari Jumat (25/6) waktu setempat.

Valparaiso berbatasan dengan negara bagian Jalisco, yang merupakan basis kartel narkoba kuat bernama Jalisco Nueva Generacion. Pihak berwenang mengatakan bahwa kartel tersebut sedang melancarkan kampanye kekerasan untuk mengendalikan rute perdagangan narkoba.

Meksiko terus mengalami kekerasan terkait narkoba yang telah merenggut lebih dari 300.000 nyawa sejak 2006, ketika pemerintah mulai mengerahkan pasukan tentara federal untuk memerangi kartel-kartel narkoba negara itu.

(ita/ita)