Jepang Akan Kirim 1 Juta Dosis Vaksin Corona ke Indonesia

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 14:08 WIB
Ilustrasi Vaksin COVID-19
Ilustrasi (dok Kaspersky)
Tokyo -

Pemerintah Jepang mengumumkan akan mengirimkan total 6 juta dosis vaksin virus Corona (COVID-19) ke Taiwan dan lima negara di kawasan Asia Tenggara.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (25/6/2021), Jepang menyatakan pihaknya akan mengirimkan masing-masing 1 juta dosis vaksin Corona buatan AstraZeneca, sebagai tambahan pasokan, untuk Taiwan dan Vietnam.

Diumumkan juga oleh Jepang bahwa pengaturan sedang dilakukan untuk pengiriman masing-masing 1 juta dosis vaksin Corona ke Thailand, Malaysia, Indonesia dan Filipina. Keempat negara Asia Tenggara itu akan mendapatkan pasokan vaksin AstraZeneca dari Jepang.

Donasi langsung vaksin Corona ini dilakukan Jepang saat negara-negara kaya didorong untuk memberikan lebih banyak pasokan untuk program berbagi vaksin global, COVAX, untuk menutupi kekurangan 200 juta dosis.

Donasi semacam ini dinilai akan membantu meningkatkan pengaruh diplomatik Jepang di kawasan Asia.

Sementara negara-negara padat dengan pendapatan rendah bertindak sebagai inkubator untuk varian Corona baru dan lebih berbahaya, Gavi memperkirakan bahwa beberapa negara termiskin di dunia baru memvaksinasi kurang dari 1 persen populasi mereka. Gavi merupakan aliansi vaksin global yang mengelola COVAX bersama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Jepang menjanjikan dana US$ 1 miliar dan pasokan 30 juta dosis vaksin Corona untuk program COVAX. Bulan ini, Jepang menuturkan bahwa pengiriman langsung kepada negara-negara Asia dilakukan di luar program COVAX untuk mempercepat pengiriman.

Lihat juga Video: Syarat Vaksinasi COVID-19 untuk Ibu Hamil

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2