Adik Kim Jong-Un Olok-olok Harapan AS untuk Dialog dengan Korut

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 15:21 WIB
Kim Yo Jong, the sister of North Koreas leader Kim Jong Un, arrives for a banquet in Seoul, South Korea February 11, 2018.   Yonhap via REUTERS   ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. SOUTH KOREA OUT. NO RESALES. NO ARCHIVE.
Kim Yo-Jong (dok. Yonhap via REUTERS)
Pyongyang -

Pejabat senior Korea Utara (Korut), Kim Yo-Jong, yang juga adik perempuan pemimpin Korut, Kim Jong-Un, mengolok-olok harapan yang dilontarkan Amerika Serikat (AS) untuk berdialog dengan Korut di masa mendatang.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (22/6/2021), Kim Yo-Jong yang merupakan pejabat senior pada Partai Buruh Korea yang berkuasa di Korut ini merilis pernyataan via media nasional Korut yang isinya menilai AS telah menafsirkan sinyal-sinyal dari Pyongyang dengan cara yang akan mengarah pada kekecewaan.

Dia menanggapi pernyataan penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, yang pada Minggu (20/6) waktu setempat menyatakan dirinya melihat 'sinyal menarik' dalam pidato terbaru Kim Jong-Un agar Korut bersiap untuk konfrontasi maupun diplomasi dengan AS.

"Tampaknya AS dapat menafsirkan situasi sedemikian rupa untuk mencari kenyamanan bagi dirinya sendiri," sebut Kim Yo-Jong dalam pernyataan yang dirilis kantor berita resmi Korean Central News Agency (KCNA).

"Harapan, yang mereka pilih untuk dipegang dengan cara yang salah, akan menjerumuskan mereka ke dalam kekecewaan yang lebih besar," cetusnya.

Pernyataan Kim Yo-Jong ini disampaikan saat perwakilan khusus AS untuk Korut, Sung Kim, datang mengunjungi Seoul, Korea Selatan (Korsel). Dia dijadwalkan bertemu Presiden Korsel, Moon Jae-In, dan Menteri Unifikasi Lee In-Young yang mengurusi hubungan dengan Korut pada Selasa (22/6) waktu setempat.

Pada Senin (21/6) waktu setempat, Sung Kim menyatakan dirinya bersedia untuk bertemu dengan Korut 'di mana saja, kapan saja tanpa prasyarat' dan bahwa dia menantikan 'respons positif segera'.

Simak juga Video: Gerilya Kim Jong-un Basmi K-Pop di Korea Utara

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2