Wabah Hama Tikus Picu Evakuasi Ratusan Napi di Penjara Australia

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 13:47 WIB
Hama tikus menyerang ladang pertanian di negara bagian New South Wales Australia.
Ilustrasi -- Hama tikus di Australia (dok. AP/Rick Rycroft)
New South Wales -

Wabah hama tikus yang tengah melanda lahan-lahan pertanian di Australia memaksa evakuasi ratusan narapidana di sebuah penjara yang terletak di kawasan pinggiran negara itu. Tikus-tikus itu masuk ke kompleks penjara dan merusak infrastruktur penting di dalamnya.

Seperti dilansir AFP, Selasa (22/6/2021), sejumlah besar tikus dilaporkan menggerogoti panel langit-langit dan kabel-kabel yang ada di dalam sebuah penjara di New South Wales (NSW). Insiden ini mendorong otoritas setempat untuk mengurangi operasional penjara agar bisa dilakukan perbaikan.

"Kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan para staf dan narapidana menjadi prioritas nomor satu kami, jadi penting bagi kami untuk bertindak sekarang melakukan pekerjaan remediasi yang vital," ucap Peter Severin dan Lembaga Pemasyarakatan NSW.

Dampak dari hama tikus ini, sekitar 420 narapidana dan 200 staf dari Wellington Correctional Centre akan dipindahkan ke fasilitas lainnya pada akhir bulan ini.

"Kami ingin melakukan perombakan ini sekali saja, dan kami ingin melakukannya dengan benar, yang berarti kami akan mencari cara untuk mengurangi dampak dari wabah serupa di masa mendatang," sebut Asisten Komisioner Lembaga Pemasyarakatan setempat, Kevin Corcoran.

Keberadaan tikus-tikus ini telah menghancurkan hasil panen para petani dan menteror warga setempat di Australia bagian timur selama berbulan-bulan, setelah hama liar menyerang saat panen raya.

Hama tikus ini menjadi yang terbaru dalam serentetan bencana yang menyerang para petani. Sebelumnya mereka dilanda kekeringan bertahun-tahun yang diikuti oleh kebakaran lahan selama berbulan-bulan pada akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020, sebelum datang hujan yang memicu banjir di beberapa wilayah.

Lihat juga Video: Hii, Jaring Laba-laba Menyelimuti Seisi Kota di Australia

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)