PM Swedia Gagal Hadapi Mosi Tidak Percaya, Pemerintah Tumbang

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 18:14 WIB
Swedens Prime Minister Stefan Lofven faces a vote of no confidence in parliament (Janerik HENRIKSSON TT NEWS AGENCY/AFP)
Stefan Lofven (Janerik HENRIKSSON TT NEWS AGENCY/AFP)
Stockholm -

Pemerintah Swedia digulingkan setelah Perdana Menteri (PM) Stefan Lofven menjadi PM pertama yang gagal menghadapi mosi tidak percaya dalam parlemen. Ini berarti Lovfen memiliki opsi mengundurkan diri atau menyerukan dilakukannya pemilu segera.

Seperti dilansir AFP, Senin (21/6/2021), mosi tidak percaya terhadap Lofven diloloskan dengan dukungan mayoritas 181 anggota parlemen Swedia -- dari total 349 kursi parlemen dalam voting pada Senin (21/6) waktu setempat.

Mosi tidak percaya itu diajukan pada Kamis (17/6) lalu, oleh Partai Demokrat Swedia yang beraliran sayap kanan-jauh, setelah Partai Kiri yang menopang pemerintahan Lofven mengumumkan akan mencari dukungan untuk mosi serupa untuk memprotes proyek pemerintah memperlonggar kontrol sewa yang dianggap menodai model sosial Swedia.

Partai Moderat dan Partai Kristen Demokrat yang konservatif dengan cepat menyatakan dukungan mereka, sehingga mengamankan dukungan mayoritas dalam parlemen. Para pengkritik menyebutnya sebagai konstelasi 'aliansi tidak suci' dari partai-partai yang bertentangan spektrum politik.

Lofven menjadi kepala pemerintahan pertama yang kalah atau gagal menghadapi mosi tidak percaya di Swedia. Hal ini berarti kolapsnya koalisi pemerintahan minoritas Partai Sosial Demokrat, yang menaungi Lofven, dan Partai Hijau.

Krisis politik di Swedia ini dipicu oleh sebuah proyek mereformasi kontrol sewa di negara tersebut dan potensi membuka pintu untuk para pemilik tanah untuk secara bebas menetapkan harga sewa untuk apartemen-apartemen yang baru dibangun. Proyek ini sebenarnya masih dalam tahap awal.

Bagi kalangan sayap kiri, proposal itu dianggap bertentangan dengan model sosial yang dianut Swedia dan mengancam para penyewa.

Selanjutnya
Halaman
1 2