Malaysia Tangkap 309 Imigran Ilegal Termasuk 193 WNI

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 12:33 WIB
Ilustrasi penjara
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/Fahroni)

Khairul menyatakan situasi ini menunjukkan bahwa mereka bebas melakukan apapun di lokasi konstruksi tanpa mematuhi aturan MCO.

Hal tersebut, menurutnya, menjadi tujuan utama dari Kementerian Dalam Negeri Malaysia yang mengarahkan Departemen Imigrasi untuk membantu mengurangi kasus-kasus positif Corona di tempat kerja yang mempekerjakan para imigran.

Dijelaskan juga oleh Khairul bahwa wanita-wanita asal Indonesia menyelinap masuk ke Malaysia, dengan menyuruh suami-suami mereka masuk ke Malaysia terlebih dulu untuk bekerja dan kemudian wanita-wanita ini akan mengikuti pasangan mereka menggunakan izin kunjungan sosial.

"Wanita-wanita Indonesia masuk ke Malaysia menggunakan izin kunjungan sosial dan tetap tinggal di negara ini melebih waktu yang ditentukan. Selain itu, mereka akan tinggal bersama suami-suami mereka yang bekerja secara ilegal di negara ini," sebutnya.

"Semua imigran tanpa dokumen ini akan menjalani tes pemeriksaan COVID-19 pada Senin (21/6) waktu setempat, yang akan dilakukan oleh kantor kesehatan distrik Putrajaya dan Seremban," ucap Khairul.

Setelah menjalani tes Corona, Khairul menyatakan para imigran ilegal itu akan ditempatkan di Depot Imigrasi Semenyih untuk ditahan dan diselidiki sesuai pasal 6 ayat (1)(c) Undang-undang Imigrasi tahun 1959/63 dan pasal 15 ayat (1)(c) undang-undang yang sama, sebelum nantinya dideportasi ke negara masing-masing.


(nvc/ita)