Akhir Kepemimpinan Netanyahu Ditentukan Hari Ini

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 18:26 WIB
Israeli Prime Minister Benjamin Netanyahu speaks to the Israeli Parliament in Jerusalem, Sunday, May 30, 2021. (Yonatan Sindel/Pool via AP)
PM Israel, Benjamin Netanyahu (Foto: Yonatan Sindel/Pool via AP)
Tel Aviv -

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, akan segera melepaskan jabatan 12 tahunnya kurang dari 24 jam lagi. Diketahui jabatannya akan digantikan oleh Bennett dan Yair Lapid secara bergantian.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (13/6/2021), rencananya pada hari ini (13 Juni 2021), parlemen Israel, Knesset akan menggelar voting untuk mengesahkan pemerintahan baru pengganti PM Netanyahu. Netanyahu diketahui gagal mempertahankan kekuasaannya setelah gagal pada pemilu 23 Maret lalu.

Jika terkonfirmasi, kabinet baru Israel akan terdiri dari koalisi pemimpin oposisi Yair Lapid dan ultra-nasionalis, Naftali Bennett. Koalisi ini terdiri dari berbagai faksi partai dari berbagai spektrum politik, yang mewakili 21 persen minoritas Arab Israel.

Di bawah koalisi tersebut, Bennett akan mendapat giliran pertama sebagai PM Israel selama dua tahun. Kemudian digantikan oleh Lapid.

Melalui Twitter, Benneth memposting potret dirinya sedang berdoa dan menuliskan keteranngan 'berkat Alkitab' dalam cuitannya.

Netanyahu menjadi pemimpin Israel terlama yang menjabat sejak tahun 2009. Kepemimpinannya diselimuti persidangan kasus korupsi, yang telah dia bantah berulang kali.

Terbentuknya pemerintahan baru akan menutup krisis politik yang melanda Israel sejak pemilu tidak memberikan hasil yang menentukan -- pemilu terakhir pada Maret lalu merupakan pemilu keempat dalam dua tahun terakhir di Israel.

Orang-orang yang marah pada koalisi baru yang dibentuk oposisi, menggelar unjuk rasa di luar rumah-rumah para politikus oposisi.

Simak video 'Rapat Pengganti Benjamin Netanyahu Ditentukan Pekan Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/gbr)