Rusia Uji Coba Vaksin Covid Lewat Semprotan Hidung untuk Anak

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 17:31 WIB
Vaksin Sputnik V Buatan Rusia Punya Keampuhan Lebih dari 90 Persen
Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: DW News)
Moskow -

Rusia baru saja melakukan uji coba penggunaan vaksin COVID-19 berbentuk semprotan hidung. Vaksin ini disebut cocok untuk anak-anak rentang usia 8 hingga 12 tahun.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (13/6/2021) penelitian dilakukan oleh para ilmuwan yang juga mengembangkan vaksin Sputnik V, yaitu Institut Gamaleya.

Kepala Institut Gamaleya, Alexander Gintsburg, mengatakan vaksin bentuk semprotan untuk anak-anak ini menggunakan vaksin yang sama. Inovasi ini dilakukan guna mengganti jarum suntik dengan semprotan hidung.

"Vaksin untuk anak-anak ini diharapkan siap didistribusikan pada 15 September mendatang," kata Gintsburg seperti dikutip dalam pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan melakukan uji coba vaksin terhadap anak-anak berusia antara 8 hingga 12 tahun. Hasilnya, tidak ditemukan efek samping di antara para subyek, termasuk tidak ada peningkatan suhu tubuh.

"Kami menginokulasi (pasien) kecil kami melalui hidung, kami hanya memberikan vaksin yang sama dengan semprotan hidung," kata Gintsburg, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang uji coba yang dilakukan.

(izt/knv)