Tak Pakai Masker di Sao Paulo, Presiden Brasil Kena Denda USD 108

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 03:51 WIB
Presiden terpilih Brasil Jair Bolsonaro
Presiden Brasil Jair Bolsonaro (Foto: Reuters)
Sao Paulo -

Presiden Brasil Jair Bolsonaro kena denda USD 108 karena melanggar peraturan protokol kesehatan COVID-19 di negara bagian Sao Paulo. Bolsonaro kedapatan tidak mengenakan masker.

Dilansir AFP, Bolsonaro terlibat pertikaian dengan Gubernur Sao Paulo yang juga saingan politiknya, Joao Doria. Bolsonaro tak terima dengan pernyataan Doria yang menyebut presiden bisa kena sanksi di Sao Paolo bila tidak mematuhi peraturan.

Bolsonaro dan Doria sering silang pendapat mengenai penanganan Corona di Brasil yang telah memakan korban jiwa hingga 485.000. Jumlah ini tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Jari Bolsonaro secara terus menerus mengkritik kebijakan diam di rumah serta penggunaan masker di tempat umum. Bolsonaro berencana memerintahkan jajarannya untuk mencabut persyaratan memakai masker untuk orang-orang yang telah divaksinasi terhadap Covid-19.

"Siapa pun yang menentang itu tidak percaya pada sains. Tidak mungkin orang yang divaksinasi dapat menularkan virus," katanya.

Faktanya, beberapa orang yang telah divaksin masih berisiko terpapar virus Corona. Sejumlah pejabat kesehatan Brasil juga masih menekankan ke masyarakat untuk memakai masker meski sudah divaksin Corona.

Denda USD 108

Pejabat Sao Paulo mengatakan pihaknya telah memberikan sanksi berupa denda kepada Bolsonaro, anggota kongresnya, Eduardo, serta Menteri Infrastruktur Brasil Tarcisio Gomes karena tidak mengenakan masker serta tidak menjaga jarak. Ketiganya didenda 552,71 reais atau setara USD 108 (Rp 1.5 juta).

Kantor Presiden Brasil belum menanggapi permintaan komentar AFP.

(isa/isa)