Pesawat Militer Myanmar Jatuh, 12 Orang Tewas dan 2 Selamat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 15:49 WIB
Airplane flying above clouds
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Remus Kotsell)
Jakarta -

Sebanyak dua belas orang tewas ketika sebuah pesawat militer Myanmar jatuh di wilayah tengah negara itu pada Kamis (10/6).

Juru bicara junta militer Myanmar mengatakan kepada para wartawan, pesawat yang membawa 14 orang yang terdiri dari enam awak dan delapan penumpang itu, jatuh di dekat kota Pyin Oo Lwin, seraya menyalahkan penyebabnya pada "cuaca buruk".

"Pesawat kehilangan komunikasi ketika berada 400 meter (1.300 kaki) dari pabrik baja di dekat bandara," kata Zaw Min Tun dalam sebuah pernyataan seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (10/6/2021).

Juru bicara junta Myanmar tersebut mengatakan, seorang biksu senior termasuk di antara mereka yang tewas dalam kecelakaan pesawat itu. Dikatakannya, sebuah tim telah berhasil menyelamatkan seorang anak lelaki dan seorang sersan, yang telah dikirim ke rumah sakit militer terdekat.

Saat ini para pekerja darurat masih berada di tempat kejadian.

Sebuah gambar yang diposting di media sosial menunjukkan tubuh pesawat yang bengkok tergeletak di lapangan.

Para biksu Buddha Myanmar memimpin perjuangan sebelumnya melawan pemerintahan militer, tetapi terpecah dalam kudeta 1 Februari lalu, dengan beberapa pemimpin agama terkemuka membela junta militer.

Pyin Oo Lwin adalah lokasi beradanya Akademi Dinas Pertahanan, tempat para petinggi militer dilatih.

Tonton juga Video: Detik-detik Helikopter Militer Myanmar Jatuh Ditembak Pemberontak

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2