Rusia Tengah Rakit Kapal Militer Siluman yang Sulit Terdeteksi

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 17:13 WIB
Ilustrasi bendera Rusia
Ilustrasi (dok. Anadolu Agency)
Moskow -

Rusia dilaporkan tengah merakit kapal militer pertamanya yang akan sepenuhnya dilengkapi teknologi siluman untuk membuatnya sulit terdeteksi.

Seperti dilaporkan kantor berita RIA dan dilansir Reuters, Rabu (9/6/2021), lambung kapal militer korvet bernama Mercury, yang juga disebut sebagai 'proyek 20386' itu telah dirakit. Kapal itu diperkirakan akan dikirimkan kepada Angkatan Laut Rusia tahun depan.

Informasi itu disampaikan oleh dua sumber dalam industri perakitan kapal setempat.

Laporan kantor berita RIA juga menyebut bahwa kapal perang itu akan dipersenjatai sejumlah rudal jelajah, rudal antipesawat dan artileri. Tidak hanya itu, kantor berita RIA menyebut kapal itu juga akan dilengkapi kemampuan untuk melacak dan menghancurkan kapal selam.

Rusia diketahui banyak berinvestasi untuk Angkatan Laut-nya dalam beberapa tahun terakhir, sebagai bagian dari dorongan Presiden Vladimir Putin untuk meningkatkan militer yang dipersulit oleh sanksi-sanksi negara Barat.

Hubungan politik dengan Barat berada dalam posisi terburuk sejak runtuhnya Uni Soviet tahun 1991 lalu.

Kantor berita RIA menyatakan bahwa Rusia telah menyertakan teknologi siluman seperti lapisan penyerap radar ke dalam sejumlah kapal Angkatan Laut mereka. Namun kapal-kapal militer itu tidak memiliki teknologi siluman sepenuhnya.

Kapal Mercury nantinya, menurut kantor berita RIA, akan diselimuti lapisan penyerap radar dan memiliki bentuk khusus untuk meminimalisasi tonjolan dan celah di permukaannya. Diperkirakan juga bahwa kapal itu akan menggunakan material komposit dan cat khusus.

(nvc/fjp)