Video 20Detik

Adu Jotos Anggota Parlemen Bolivia di Kongres

Tri Aljumanto - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 12:50 WIB
La Paz -

Keributan terjadi di tengah rapat yang digelar Kongres Bolivia. Sejumlah legislator, baik dari partai opisisi maupun pendukung pemerintah, terlibat perkelahian.

Tak hanya anggota parlemen laki-laki, dalam video yang beredar, tampak pula perkelahian antar legislator perempuan. Kericuhan di gedung parlemen itu dipicu oleh perdebatan soal penangkapan mantan Presiden sementara Bolivia, Jeanine Anez.

Sebelumnya, Anez ditangkap pada 13 Maret 2021 di Kota Trinidad. Pihak Kejaksaan Bolivia menyebut wanita yang memiliki latar belakang sebagai seorang pengacara itu terlibat dalam kudeta mantan Presiden Evo Morales, pada 2019.

Kudeta kemudian memicu krisis politik di negeri berpenduduk lebih dari 11 juta jiwa tersebut. Morales akhirnya mengundurkan diri dan pergi dari Bolivia pada November 2019. Tak lama berselang, Jeanine Anez mengangkat dirinya sebagai presiden.

Kini, Partai Mas Sosialis, partai Morales kembali berkuasa di Bolivia. Partai itu menang telak dalam pemilihan presiden dan kongres pada Oktober 2020. Namun, bara perseteruan dengan partai Gerakan Sosial Demokrasi, tempat Jeanine Anez bernaung, terus berlanjut.

(ids/ids)