PM Kanada Sebut Pembunuhan Keluarga Muslim Serangan Teroris

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 10:40 WIB
Ottawa -

Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau, menyebut serangan truk pick-up yang menewaskan empat orang anggota keluarga Muslim di Ontario sebagai 'serangan teroris'.

"Pembunuhan itu bukan kecelakaan. Itu merupakan serangan teroris, yang dimotivasi oleh kebencian, di jantung salah satu masyarakat kita," tegas Trudeau dalam pidatonya di House of Commons atau majelis rendah parlemen Kanada, seperti dilansir AFP, Rabu (9/6/2021).

Para korban tewas mewakili tiga generasi dari satu keluarga. Mereka sedang berjalan bersama di trotoar wilayah London, Ontario, pada Minggu (6/6) malam waktu setempat, dan sedang menunggu untuk menyeberang persimpangan jalan saat ditabrak sebuah truk pick-up warna hitam.

Lima orang terkena tabrakan itu, dengan empat orang di antaranya meninggal dunia. Keempat korban tewas terdiri atas pasangan suami-istri, anak perempuan mereka yang berusia remaja dan seorang wanita lanjut usia (lansia) yang diidentifikasi sebagai ibu dari korban pria.

Seorang bocah laki-laki berusia 9 tahun, yang juga anak pasangan suami-istri yang meninggal, mengalami luka-luka dan kini dirawat di rumah sakit.

"Kita semua berharap anak laki-laki itu bisa pulih dari luka-lukanya dengan cepat, meskipun kita tahu dia akan hidup dengan kesedihan, ketidakpahaman dan kemarahan untuk waktu yang lama, yang disebabkan oleh serangan Islamofobik yang pengecut ini," ucap Trudeau.

Pelaku yang berusia 20 tahun telah ditangkap dan didakwa empat dakwaan pembunuhan tingkat pertama serta satu dakwaan percobaan pembunuhan. Pelaku yang diidentifikasi sebagai Nathaniel Veltman ditangkap di sebuah mal yang berjarak tujuh kilometer dari lokasi serangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2