Senator AS ke Taiwan untuk Sumbangkan Vaksin Corona, China Marah

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 19:00 WIB
Vaccine and syringe injection It use for prevention, immunization and treatment from COVID-19
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/kiattisakch)

"Anda harus mengirim dua jet tempur untuk mengawal mereka!" tulis netizen lainnya.

Taiwan diketahui tengah menghadapi lonjakan kasus penularan lokal dan mengalami kekurangan pasokan vaksin Corona. Sejauh ini hanya tiga persen dari 23,5 juta jiwa penduduk Taiwan telah divaksinasi Corona, dengan kebanyakan baru menerima dosis pertama.

Pengumuman soal sumbangan vaksin AS untuk Taiwan itu disampaikan Senator AS, Tammy Duckworth, yang datang mengunjungi Taiwan bersama Senator AS lainnya, Dan Sullivan dan Christopher Coons pada Minggu (6/6) waktu setempat.

Saat berbicara di bandara Songshan, dalam kunjungan selama tiga jam itu, Duckworth menyatakan Taiwan akan menerima 750.000 dosis vaksin Corona sebagai bagian dari tahap pertama donasi vaksin dari AS.

"Sangat penting bagi Amerika Serikat bahwa Taiwan dimasukkan dalam kelompok pertama yang menerima vaksin karena kami mengakui kebutuhan mendesak Anda dan kami menghargai kemitraan ini," ucap Duckworth dalam konferensi pers setelah tiba dari Korea Selatan (Korsel).

Dia tidak menyebut lebih lanjut merek vaksin yang akan didapatkan Taiwan juga kapan vaksin akan dikirimkan. Menteri Kesehatan Taiwan, Chen Shih-chung, menuturkan kepada wartawan bahwa dirinya berharap bisa mengetahui segera merek vaksin yang akan didapatkan dari AS.

Taiwan sebelumnya mengeluhkan China yang disebut berupaya memblokir upaya Taiwan mendapatkan pasokan vaksin secara internasional. China menyangkal tuduhan itu.


(ita/ita)