Bom Bunuh Diri Tewaskan 2 Orang di Ibu Kota Somalia

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 02:32 WIB
Ilustrasi Fokus Bom Bunuh Diri di Medan (Luthfy Syahban/detikcom)
Foto: Ilustrasi bom bunuh diri (Luthfy Syahban/detikcom)
Mogadishu -

Sedikitnya dua orang tewas dan lebih banyak lagi cedera ketika seorang melakukan bom bunuh diri di Mogadishu, Ibu Kota Somalia. Pembom bunuh diri menargetkan personel militer.

Seperti dilansir AFP, Minggu (6/6/2021), sejumlah sumber mengatakan pembom bunuh diri menyerang di dekat stasiun minibus yang sibuk. Bomber menargetkan pasukan bersiap untuk menyeberangi pos pemeriksaan yang dibentengi dengan balok beton dan diawaki oleh petugas keamanan.

"Ledakan itu disebabkan oleh seorang pengebom bunuh diri yang mencoba menyerang konvoi militer yang melewati daerah itu," kata juru bicara kepolisian Somalia Sadik Dudishe.

"Kami telah mengkonfirmasi bahwa 2 orang tewas dan 23 lainnya terluka, beberapa di antaranya di antara personel militer," kata Dudishe.

Mohamud Adan, seorang petugas polisi di dekat lokasi ledakan, mengatakan pemboman itu terjadi di daerah padat penduduk di mana orang-orang menaiki minibus menuju Afgoye, 25 kilometer atau 15 mil barat laut Mogadishu.

Seorang saksi mata mengatakan pembom itu menargetkan kendaraan militer tetapi malah menimbulkan korban sipil ketika perangkatnya diledakkan terlalu dini.

"Saya melihat lima orang tewas, kebanyakan dari mereka naik minibus," kata saksi Fadumao Mohamed.

Saksi lain, Dahir Shine, mengatakan beberapa penumpang minibus tewas atau terluka. "Saya melihat tujuh orang terluka", tambah Shine.

Tidak ada yang segera mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Kelompok Al-Shabaab, yang terkait dengan Al-Qaeda, telah berjuang untuk menggulingkan pemerintah federal Somalia sejak 2007 dan melancarkan serangan rutin terhadap pemerintah dan sasaran sipil.

(rfs/rfs)