Anak Buah Bunuh Diri karena Dilecehkan, Kepala Staf AU Korsel Mundur

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 17:12 WIB
Ilustrasi bendera Korea Selatan
Foto: Ilustrasi
Seoul -

Kepala Staf Angkatan Udara (AU) Korea Selatan (Korsel), Jenderal Lee Seong-yong, mengundurkan diri dari jabatannya setelah seorang tentara wanita bunuh diri karena dilecehkan secara seksual oleh koleganya. Pekan ini, seorang tentara pria berpangkat Sersan Kepala ditangkap terkait kasus pelecehan seksual tersebut.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Jumat (4/6/2021), kasus ini memicu kemarahan publik Korsel setelah terungkap bahwa laporan awal korban diabaikan oleh Angkatan Udara Korsel. Bahkan disebutkan keluarga korban bahwa Angkatan Udara Korsel berusaha menutup-nutupi kasus ini.

Korban yang juga berpangkat Sersan Kepala dan bermarga Lee, menjadi korban pelecehan dan penyerangan seksual oleh koleganya pada Maret lalu. Kementerian Pertahanan Korsel menyebut tindak pidana itu terjadi saat keduanya berada di mobil dalam perjalanan pulang ke pangkalan militer mereka di Seosan usai makan malam.

Korban mengajukan laporan kepada satuan Angkatan Udara Korsel atas pelecehan seksual itu, namun menurut keluarganya, korban malah mendapat tekanan oleh atasannya untuk mencabut laporan dan menandatangani kesepakatan penyelesaian.

Korban kemudian dipindahkan ke pangkalan militer lainnya atas permintaannya sendiri dan ditemukan meninggal di kediamannya pada 22 Mei. Keluarga korban menuturkan bahwa korban meninggalkan rekaman terakhir di telepon genggamnya.

"Bagaimana bisa Anda melindungi negara ketika Anda tidak bisa melindungi anggota militer Anda sendiri?" tutur ibunda korban kepada televisi setempat.

"Bagaimana Anda membuatnya merasa kesepian seperti ini? Bagaimana Anda bisa membuatnya merasa tidak ada seorangpun untuknya dan dia harus mengambil pilihan ekstrem seperti itu?" imbuhnya.

Lihat juga Video: Diduga Dianiaya, Anak Yuyun 'Jin & Jun' Hampir Bunuh Diri

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2