Biden Beberkan Rencana Global Bagi-bagikan 80 Juta Dosis Vaksin Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 09:24 WIB
US President Joe Biden gestures as he speaks on the anniversary of the start of the Covid-19 pandemic, in the East Room of the White House in Washington, DC on March 11, 2021. (Photo by MANDEL NGAN / AFP)
Joe Biden (dok. AFP/MANDEL NGAN)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menjelaskan rencananya soal pendistribusian 80 juta dosis vaksin virus Corona (COVID-19) secara global ke negara-negara prioritas. Sekitar 75 persen di antaranya akan disalurkan melalui program berbagi vaksin, COVAX, yang didukung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Seperti dilansir AFP, Jumat (4/6/2021), Gedung Putih dalam pernyataannya menyebut bahwa jutaan dosis vaksin Corona yang disalurkan melalui program COVAX, akan diprioritaskan untuk negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Karibia, juga Asia Selatan dan Asia Tenggara, serta Afrika.

Penyaluran vaksin secara global oleh AS ini, sebut Gedung Putih, bertujuan membantu mencegah lonjakan baru kasus Corona.

"Kami membagikan dosis-dosis vaksin ini bukan untuk mengamankan bantuan atau mencari konsesi," tegas Biden dalam pernyataannya.

"Kami membagikan vaksin-vaksin ini untuk menyelamatkan nyawa dan memimpin dunia dalam mengakhiri pandemi, dengan kekuatan teladan kami dan dengan nilai-nilai kami," imbuhnya.

Biden sebelumnya berjanji mengekspor 80 juta dosis vaksin Corona ke berbagai negara di dunia pada akhir bulan ini. Komitmen itu datang di tengah tekanan dari negara-negara lain untuk memanfaatkan kelebihan pasokan vaksin Corona milik AS untuk membantu negara-negara yang berjuang mendapatkan vaksin.

"Proses mengekspor 25 juta dosis pertama tengah berlangsung," tutur koordinator respons COVID-19 pada Gedung Putih, Jeff Zients. "Kami akan memenuhi komitmen presiden sebanyak 80 juta dosis pada akhir Juni," imbuhnya.

Simak video 'Janji Joe Biden Bagi-bagi Stok Vaksin Corona ke Dunia':

[Gambas:Video 20detik]