Kejar-kejaran Puluhan Polisi dan Perampok, 1 Orang Tewas-7 Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 10:45 WIB
Insiden penembakan terjadi di dalam sebuah trem di kota Utrecht, Belanda. Kini lokasi penembakan telah diamankan oleh polisi antiteror.
Ilustrasi -- Polisi Belanda (dok. Reuters)
Amsterdam -

Baku tembak terjadi antara sekelompok perampok bersenjata dengan puluhan polisi Belanda yang mengejar mereka di jalanan dan padang rumput dekat Amsterdam. Seorang tersangka perampokan bersenjata tewas dan tujuh orang lainnya ditangkap.

Seperti dilansir AFP, Kamis (20/5/2021), pengejaran dramatis ini berawal pada Rabu (19/5) sore waktu setempat ketika sekelompok pria berpakaian serba hitam dan memakai hoodie melepaskan tembakan ke arah sebuah kendaraan pengangkut barang di dekat pusat bisnis logam mulia di sebelah utara Amsterdam.

Kepolisian setempat menyebut para tersangka melarikan diri dengan dua kendaraan dan bergerak menuju sebuah desa kecil bernama Broek di Waterland. Puluhan polisi setempat dikerahkan untuk mengejar mereka.

Laporan sejumlah media Belanda menyebut kendaraan yang ditumpangi para tersangka membawa emas atau berlian senilai 50 juta Euro (Rp 876 miliar).

"Ini situasi yang tidak terjadi setiap tahun," sebut juru bicara kepolisian setempat dalam konferensi pers.

Video dari saksi mata yang dibagikan via media Belanda menunjukkan sebuah mobil menabrak area taman di belakang sebuah rumah dan para tersangka melompat keluar dari mobil lalu bergegas ke area padang rumput di dekat lokasi.

Video itu juga menunjukkan momen saat helikopter mengudara saat para tersangka terlibat baku tembak dengan polisi. Asap tampak membubung ke udara di tengah langit yang gelap saat sebuah mobil terbakar.

Juru bicara kepolisian setempat mengonfirmasi bahwa polisi menggunakan senjata api mereka. Kepolisian juga menyebut dua tersangka luka-luka, dengan salah satunya akhirnya meninggal. Wali Kota setempat menegaskan tidak ada warga sipil yang menjadi korban dalam baku tembak ini.

Tonton juga Video: Detik-detik Penangkapan Rangga, Aktor Perampokan-Pemerkosaan ABG Bekasi

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)