Israel Kembali Tembakkan Peluru Artileri, Balas Serangan Roket dari Lebanon

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 21:43 WIB
Israeli soldiers fire a 155mm self-propelled howitzer towards the Gaza Strip from their position along the border in the southern Israeli city of Sderot on May 19, 2021. - Israel is studying whether conditions are right to stop bombing Palestinian militants in Gaza but is preparing for more days of strikes if necessary, an Israeli military source said today. (Photo by JACK GUEZ / AFP)
Ilustrasi senjara milik militer Israel (Foto: AFP/JACK GUEZ)
Beirut -

Empat roket kembali ditembakkan dari Lebanon selatan menuju Israel. Serangan ini adalah ketiga kalinya dalam waktu kurang lebih dari seminggu.

Dilansir AFP, Rabu (19/5/2021) serangan itu disampaikan oleh sumber militer kepada AFP. Roket itu ditembakkan dari dekat desa Seddiqine di distrik Tirus. Sumber militer itu tidak menyebutkan siapa yang bertanggungjawab dari serangan itu.

Pihak Israel kemudian membalas serangan roket dari Lebanon. Tentara Israel mengatakan pihaknya telah menembakkan peluru artileri ke arah Lebanon selatan sebagai serangan balasan.

"Empat roket ditembakkan dari Lebanon ke wilayah Israel. Sistem Pertahanan Udara Kubah Besi mencegat salah satu dari mereka dan sisanya kemungkinan besar jatuh di daerah terbuka," kata sumber militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Sumber militer itu menambahkan bahwa sebagai tanggapan tentara "Artileri menyerang sejumlah target di wilayah Lebanon," katanya. Tidak ada laporan langsung tentang adanya korban jiwa dari serangan ini.

Ini adalah ketiga kalinya roket diluncurkan dari wilayah Lebanon menuju Israel sejak memanasnya konflik antara negara Yahudi itu dengan kelompok bersenjata Palestina di Jalur Gaza sejak pekan lalu.

Pada Senin malam, roket ditembakkan dari daerah pertanian Shebaa di Lebanon selatan menuju Israel tetapi gagal terbang melintasi perbatasan. Tentara Israel menanggapi dengan tembakan artileri.

Kamis lalu, tiga roket ditembakkan dari dekat kamp pengungsi Palestina di Rashidiyeh menuju Israel. Tentara Israel mengatakan roket itu jatuh ke laut.