Bikin Panik! Gedung Pencakar Langit di China Tiba-tiba Bergoyang

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 17:28 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Ilustrasi (dok. ebcitizen.com)
Beijing -

Salah satu gedung pencakar langit di kota Shenzhen, China, tiba-tiba bergoyang sehingga memicu kepanikan orang-orang yang ada di dalamnya. Evakuasi pun dilakukan setelah gedung setinggi nyaris 300 meter itu bergoyang tanpa ada gempa yang mengguncang wilayah tersebut.

Seperti dilansir AFP, Selasa (18/5/2021), otoritas penanggulangan darurat tengah menyelidiki penyebab gedung bertingkat yang bernama SEG Plaza di distrik Futian, Shenzhen, itu bergoyang tiba-tiba pada Selasa (18/5) waktu setempat.

"Setelah memeriksa dan menganalisis data dari berbagai pusat pemantauan gempa bumi di seluruh kota, tidak ada gempa bumi di Shenzhen hari ini," demikian pernyataan otoritas setempat.

"Penyebab guncangan sedang diverifikasi oleh berbagai departemen," imbuh pernyataan tersebut.

Rekaman video amatir yang diposting ke media sosial Weibo menunjukkan gedung bertingkat setinggi nyaris 300 meter itu berguncang pada pondasinya, dengan ratusan orang tampak berlarian keluar gedung dan berhamburan di ruas jalanan sekitarnya. Situasinya dipenuhi kepanikan dan tampak kacau.

Laporan media lokal menyebut guncangan dimulai pada Selasa (18/5) siang, sekitar pukul 13.00 waktu setempat. Semua orang yang ada di dalam dievakuasi keluar dan gedung itu ditutup pukul 14.40 waktu setempat.

Gedung itu diketahui menjadi lokasi bagi pasar elektronik utama dan lokasi banyak kantor.

(nvc/ita)