Siklon Tauktae Terjang India, 20 Orang Tewas-127 Penumpang Kapal Hilang

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 13:56 WIB
A fisherman waits for help as he tries to move a fishing boat to a safer ground on the Arabian Sea coast in Mumbai, India, Monday, May 17, 2021. Cyclone Tauktae, roaring in the Arabian Sea was moving toward Indias western coast on Monday as authorities tried to evacuate hundreds of thousands of people and suspended COVID-19 vaccinations in one state. (AP Photo/Rafiq Maqbool)
Nelayan India di pantai Mumbai menunggu bantuan saat memindahkan kapalnya di tengah terjangan topan (AP Photo/Rafiq Maqbool)
New Delhi -

Topan dahsyat menerjang wilayah India pada Selasa (18/5) waktu setempat, dengan membawa angin kencang dan hujan lebat. Sedikitnya 20 orang dilaporkan tewas dan sedikitnya 127 orang hilang setelah sebuah kapal hanyut di lepas pantai Mumbai.

Seperti dilansir AFP, Selasa (18/5/2021), siklon Tauktae ini semakin memicu kekacauan di India yang menghadapi lonjakan kasus virus Corona (COVID-19) yang membuat kewalahan sistem layanan kesehatan setempat, dengan rumah-rumah sakit kekurangan tempat tidur, pasokan oksigen medis dan obat-obatan.

Siklon ini juga memicu gangguan pada program vaksinasi Corona yang sangat dibutuhkan untuk mengendalikan penyebaran Corona yang semakin meluas.

Topan Tauktae dilaporkan menerjang sebagian besar wilayah India, dengan memicu gelombang besar di lautan, memicu genangan di jalanan dan memaksa ratusan ribu orang mengungsi dari rumah-rumah mereka.

Topan siklon yang tercatat sebagai yang terbesar menerjang India dalam beberapa tahun terakhir ini, telah memicu korban jiwa di berbagai wilayah, termasuk Kerala, Goa, Maharashtra dan Gujarat. Angin kencang yang dibawa topan ini menyapu rumah-rumah yang rapuh, menumbangkan pepohonan dan tiang listrik.

Otoritas Mumbai menutup sementara bandara di wilayahnya dan mengimbau warga tetap berada di rumah. Tidak hanya itu, otoritas Mumbai juga memindahkan sekitar 600 pasien Corona yang dirawat di rumah-rumah sakit darurat ke lokasi-lokasi yang lebih aman.

Ketinggian gelombang laut di Mumbai, tepatnya di kota tepi pantai Diu, dilaporkan mencapai 3 meter.

Selanjutnya
Halaman
1 2