AS Blokir Lagi Pernyataan DK PBB Soal Konflik Israel-Palestina

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 09:18 WIB
Warga Palestina yang tewas akibat gempuran Israel bertambah lagi. Kini korban warga Palestina yang tewas melebihi 100 orang.
Dampak gempuran Israel di Gaza (dok. AP Photo)
Washington DC -

Amerika Serikat (AS) kembali memblokir diadopsinya pernyataan gabungan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang menyerukan penghentian kekerasan antara Israel dan Palestina. Ini menjadi momen ketiga dalam sepekan terakhir saat AS menggunakan hak veto dalam isu Israel-Palestina.

Seperti dilansir AFP, Selasa (18/5/2021), pemblokiran oleh AS dalam forum Dewan Keamanan (DK) PBB ini memicu digelarnya serangkaian sesi tertutup darurat yang baru pada Selasa (18/5) waktu setempat.

Draf yang disusun oleh China, Tunisia dan Norwegia itu diserahkan pada Minggu (16/5) tengah malam untuk disetujui 15 negara anggota DK PBB pada Senin (17/5) waktu setempat, saat jet-jet tempur Israel terus menggempur Jalur Gaza dan total korban tewas akibat pertempuran sepekan terakhir melebihi 200 orang.

Dituturkan salah satu diplomat PBB kepada AFP bahwa AS mengindikasikan 'saat ini tidak bisa mendukung pernyataan' oleh DK PBB.

Misi diplomatik Norwegia untuk PBB mengumumkan bahwa DK PBB akan menggelar pertemuan tertutup darurat yang terbaru untuk membahas konflik Israel-Palestina pada Selasa (18/5) waktu setempat -- pertempuran keempat sejak 10 Mei.

"Situasi di lapangan terus memburuk. Warga sipil yang tidak bersalah terus terbunuh dan mengalami luka-luka. Kami ulangi: Hentikan serangan. Akhiri permusuhan sekarang," demikian pernyataan delegasi diplomatik Norwegia via Twitter.

DK PBB diketahui telah menggelar tiga pertemuan darurat sejak pertempuran kembali pecah antara Israel dan Hamas yang menguasai Gaza sejak pekan lalu. Pertemuan-pertemuan itu diakhiri tanpa mencapai posisi bersama -- dengan AS sebagai sekutu dekat Israel dituduh sengaja menghalangi upaya DK PBB.

Simak video 'PBB: Israel Harus Menahan Diri!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2