Ratusan Orang Luka-luka dalam Bentrokan Terbaru Dekat Al-Aqsa

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 16:21 WIB
Palestinians run for cover amid clashes with Israeli security forces at Jerusalems Al-Aqsa mosque compound on May 10, 2021, ahead of a planned march to commemorate Israels takeover of Jerusalem in the 1967 Six-Day War. (Photo by ahmad gharabli / AFP)
Bentrokan terbaru antara warga Palestina dan polisi Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa (AFP/AHMAD GHARABLI)
Yerusalem -

Ratusan orang dilaporkan mengalami luka-luka dalam bentrokan terbaru antara warga Palestina dan polisi Israel di dekat kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem.

Seperti dilansir AFP, Senin (10/5/2021), ratusan warga Palestina melemparkan proyektil ke arah polisi Israel yang memakai perlengkapan antihuru-hara dalam bentrokan yang terjadi pada Senin (10/5) waktu setempat. Polisi Israel menembakkan peluru karet, granat kejut dan gas air mata untuk membubarkan mereka.

"Ada ratusan orang yang mengalami luka-luka dalam bentrokan tersebut," demikian pernyataan Bulan Sabit Merah, tanpa menyebut angka pastinya.

Hanya disebutkan oleh Bulan Sabit Merah bahwa sekitar 50 korban luka di antaranya kini menjalani perawatan di rumah sakit.

Bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa ini menjadi yang terbaru sejak bentrokan berdarah yang melukai lebih dari 200 orang terjadi pada Jumat (7/5) lalu. Bentrokan itu diawali oleh aksi warga Palestina memprotes rencana penggusuran sejumlah keluarga Palestina di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Sidang banding yang diajukan keluarga Palestina ke Mahkamah Agung terkait sengketa tanah yang berpotensi memicu penggusuran itu telah ditunda oleh otoritas kehakiman Israel, setelah dijadwalkan untuk digelar pada Senin (10/5) waktu setempat.

Ada kekhawatiran situasi semakin memanas menjelang rencana pawai untuk memperingati pencaplokan Yerusalem oleh Israel dalam perang tahun 1967 silam, atau yang dikenal sebagai Hari Yerusalem di negara Yahudi itu.

Lihat juga Video: Jokowi Kutuk Pengusiran Warga Palestina oleh Israel

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2