Protes Bentrokan di Masjid Al-Aqsa, Yordania Panggil Utusan Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 13:13 WIB
Israeli seurity forces advance amid clashes with Palestinian protesters at the al-Aqsa mosque compound in Jerusalem, on May 7, 2021. (Photo by Ahmad GHARABLI / AFP)
Bentrokan antara polisi Israel dan warga Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, pada Jumat (7/5) waktu setempat (AFP/AHMAD GHARABLI)
Amman -

Otoritas Yordania memanggil utusan diplomatik Israel untuk menyampaikan protes atas tindak pelanggaran berkelanjutan oleh Israel terhadap Masjid Al-Aqsa. Pelanggaran itu berkaitan dengan bentrokan terbaru antara polisi Israel dan warga Palestina di Yerusalem.

Seperti dilansir kantor berita Xinhua News Agency, Senin (10/5/2021), Kementerian Luar Negeri Yordania memanggil charge d'affaires pada Kedutaan Besar (Kedubes) Israel di Amman pada Minggu (9/5) waktu setempat untuk melayangkan protes tersebut.

Sekretaris Jenderal pada Kementerian Luar Negeri Yordania, Yousef Bataineh, menekankan bahwa tindakan Israel beberapa waktu terakhir terhadap Masjid Al-Aqsa di Yerusalem bertentangan dengan hukum internasional dan sejarah dan status quo legal yang berlaku.

Bataineh mendorong Israel untuk segera menghentikan pelanggaran semacam itu, dengan memperingatkan konsekuensi dari provokasi dan eskalasi yang terus berlanjut.

Dia juga mendesak charge d'affaires Israel untuk menyampaikan pesan kepada pemerintah Israel bahwa, di bawah hukum internasional, Israel harus mematuhi kewajibannya sebagai kekuatan pendudukan di Yerusalem Timur, menghentikan serangan terhadap Masjid Al-Aqsa dan penduduk Yerusalem, dan berhenti mengusir warga Palestina di Sheikh Jarrah dari rumah-rumah mereka.

Dalam pernyataan via Kementerian Luar Negeri Yordania, Bataineh juga menyerukan otoritas Israel untuk menghormati hukum internasional atas masalah ini dan menegaskan kembali ketidaksahan putusan pengadilan Israel soal Yerusalem Timur yang didudukinya.

Ratusan warga Palestina mengalami luka-luka dalam bentrokan terbaru dengan polisi Israel di Masjid Al-Aqsa maupun di lokasi lainnya di Yerusalem Timur.

Diketahui bahwa bentrokan di Masjid Al-Aqsa diawali oleh aksi warga Palestina memprotes rencana penggusuran keluarga-keluarga Palestina yang terlibat sengketa tanah dengan pemukim Yahudi di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.

(nvc/ita)