Kilang Minyak Suriah Terbakar!

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 16:36 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Damaskus -

Unit penyulingan atau distilasi di salah satu kilang minyak Suriah mengalami kebakaran pada Minggu (9/5). Sejumlah fasilitas dikabarkan rusak akibat insiden ini.

Seperti dilansir The Associated Press, Minggu (9/5/2021) menurut saluran TV pemerintah tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Kebakaran terjadi akibat kebocoran dari salah satu stasiun pompa minyak di Kilang Minyak Provinsi Homs.

Kebakaran terjadi di tengah serangkaian serangan misterius terhadap kapal dan fasilitas minyak di Suriah selama beberapa bulan terakhir. Diketahui Suriah kini tengah menderita kekurangan bahan bakar akibat sanksi dari Amerika Serikat.

Kekurangan pasokan minyak mentah terjadi akibat sanksi dari Departemen Keuangan AS. Suriah kini mengandalkan pengiriman minyak dari Iran.

Kepala Unit Kilang Minyak Homs, Suleiman Mohammed, mengatakan bahwa unit distilasi yang terbakar adalah satu dari empat unit yang terdapat di Kilang Minyak Homs.

Selain kilang minyak di Homs, Suriah memiliki satu kilang lainnya di dekat kota pesisir Banias.

Kejadian serupa juga pernah terjadi akhir April lalu. Sebuah kapal tanker minyak di lepas pantai Suriah terbakar akibat serangan drone.

(izt/dhn)