Mantan Presiden Maladewa Lolos dari Upaya Pembunuhan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 12:45 WIB
Jakarta -

Mantan Presiden Maladewa yang saat ini menjabat sebagai ketua parlemen, Mohamed Nasheed, lolos dari upaya pembunuhan. Dia saat ini sedang dirawat di rumah sakit setelah upaya pembunuhan membuatnya menderita luka-luka akibat serpihan bom.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (7/5/2021), seorang pejabat pemerintah Maladewa mengatakan bahwa Nasheed terluka ketika sebuah perangkat peledak yang dipasang pada sepeda motor diledakkan saat dia masuk ke dalam mobil pada Kamis (6/5) malam waktu setempat.

"Nasheed lolos dari upaya pembunuhan," kata pejabat tersebut kepada AFP. "Dia cedera, tapi kondisinya stabil," imbuhnya.

Foto-foto di media sosial menunjukkan sebuah sepeda motor hancur di lokasi penyerangan.

Satuan polisi bersenjata dan pasukan keamanan menutup daerah di Male, ibu kota Maladewa, tempat serangan itu terjadi, dan parlemen Maladewa, yang sedang reses, mengadakan pertemuan darurat setelah serangan itu.

Presiden Ibrahim Mohamed Solih, sekutu dekat Nasheed, mengatakan penyelidikan sedang dilakukan. Para pejabat Maladewa ramai-ramai mengecam serangan yang ditargetkan pada tokoh paling kuat kedua di negara Samudera Hindia itu.

"Sangat mengutuk serangan terhadap Ketua Parlemen, mantan Presiden Mohamed Nasheed malam ini. Serangan pengecut seperti ini tidak memiliki tempat dalam masyarakat kita," kata Menteri Luar Negeri Abdulla Shahid dalam sebuah tweet.

Selanjutnya
Halaman
1 2